MATHEMATICS ANXIETY


Halo, selamat Siang dong ! ini adalah postingan pertama di blog random ini. Ini bukan blog pertama saya, dulunya saya punya blog tapi isinya sampah semua. Dan sekarang? Saya bikin blog yang lebih sampah lagi.

Oke, di postingan pertama ini saya mau cerita tentang sebuah penyakit yang sering diderita oleh banyak anak sekolahan. Yes nama penyakitnya keren banget, Mathematics Anxiety. Matematics Anxiety adalah sebuah penyakit yang  membuat penderitanya merasa  takut dan benci terhadap penyakit matematika dan saya adalah salahsatu penderitanya. 

Ada yang tau gak sih kenapa matematika itu menyebalkan dan satu-satunya pelajaran yang menjadi suspect utama kebanyakan anak gak naik kelas dan males pergi sekolah gara-gara pelajaran yang satu ini? Menakutkan ya? Tapi tapi tapi..kalo ngomongin masalah matematika itu kayak tusuk gigi, menakutkan. Pokoknya saya phobia akut sama pelajaran yang satu ini. Saya kadang curiga, saya ditakdirkan memang  untuk memusuhi pelajaran yang menjadi kunci dari terciptanya hal-hal canggih  di bumi ini.
 
Dari zaman SD, saya sudah benci sekali sama pelajaran Matematika. Nilai tertinggi di rapor SD kayaknya 75 deh kalo gak salah inget. Itupun hasil nyontek dari teman sebangku yang isi otaknya kemungkinan besar dari abad doraemon. Asal sebut angka, berapa tambah berapa kali kali kali bagi tambah bagi kali apa, dia bisa ngejawab. Yah, pokoknya nilai matematika dari zaman SD-SMA itu palsu. Semua hasil contekan dari teman sebangku dan tetangga bangku. Oke kawan-kawan, ini saatnya bilang terima kasih untuk ke sekian ribu kalinya, buat Destin, Wiwin, dan Ria kalian mahadewi *sembah*

Terlalu banyak kecurigaan-kecurigaan yang ada di otak ini. saya curiga, pelajaran matematika ini sengaja diciptakan supaya saya gak naik kelas. Tapi sorry ya Mat, saya lebih cerdik dan lebih memilih nyontek daripada harus gak naik kelas gara-gara dirimu *ketawa setan*. Tapi saya juga curiga kalau otak saya ini sengaja di setting untuk menolak segala macam yang berbau, berbentuk angka atau hitungan, termasuk menghitung berapa  luas dan tinggi cintamu padaku #halaaahhh

Tapi tapi tapi, saya yakin, bukan hanya saya yang merasakan kebencian yang teramat dalam dengan pelajaran matematika. Pasti banyak banget anak-anak di muka bumi ini yang merasakan hal serupa, terbukti kedua adek saya juga phobia terhadap matematika . Oh dasar ya, keturunan. Siapa kira-kira biangnya? Gak usah dijawab! 
 
Saking bencinya sama pelajaran matematika, saya pernah berpikir untuk mencari sekolah yang gak ada pelajaran matematika-nya. Buat apa? Demi kenyamanan hidup perisekolahan pastinya. Tau gak kenapa akhirnya saya kuliah di jurusan Komunikasi? Karena saya gak mau belajar matematika. Tapi saya salah, ternyata mau anak sekolah, mau anak kuliahan pasti belajar itung-itungan, kalo di kampus biasanya belajar statistik gitu deh. Sulit? Banget ! entah sampai kapan saya akan bodoh dan bebel matematika seperti ini? Sampai kapan saya akan berhenti mencontek di pelajaran matematika? Sampai kapan matematika ada di bumi yang indah ini? Mama dedeh…jawab! Apa perlu saya jadi presiden atau mentri pendidikan dulu agar pelajaran matematika bisa dihapuskan? Tapi kalau benar iya, maka akan banyak orang yang bersorak gembira akan kemerdekaan hidup tanpa matematika. Indeed !

Tapi ya saya juga kadang mikir ke hal-hal yang sangat jauh kedepan. Bagaimana dengan nasib anak saya kelak? Kalau ada PR matematika apa saya harus pura-pura pinsan? Atau pura-pura jadi ekstrak kulit manggis? Entahlah…semoga suamiku nanti adalah orang yang expert di pelajaran matematika, demi kemaslahatan nilai di rapor anakmu, mas ! oke, baik, lucu dan pinter matematika masuk kualifikasi untuk jadi calon suami. Jadi, kalo anak nanya PR matematika, bilang aja “Tunggu bapake pulang dulu ya, nak!” ini semua dilakukan demi mencegah kegeblekan matematika di masa depan. Manfaatkanlah pasanganmu, manfaatkan ! bukankah “Mencegah lebih baik daripada mengobati” ya gak sihhhhh..haha

Sebagai orang yang rapuh di bidang matematika, saya sebenernya memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menambal lubang kelemahan pada diri saya dan berusaha untuk gak nyontek lagi di pelajaran matematika. Mulai dari belajar siang malam, belajar sama temen-temen. Tapi ya begitulah, kalau habis dijelaskan, ngerti banget. Seakan-akan saya adalah orang paling pandai matematika di planet ini. Tapi ya gitulah, Cuma seakan-akan. Padahal mah aslinya, abis dijelasin ngerti, paham, pinter tapi sejam setelah itu, musnah sudah. Hilang ingatan. Rumus yang awalnya seolah-olah merasuk ke dalam otak. Musnah….musnah dibawa cabe-cabean.

Bener, Allah itu maha adil. Saya terlahir dengan otak pas-pasan di bidang matematika, selalu nyontek kalau lagi ada PR matematika, tapi nggak buat pelajaran lain. Kalau pelajaran lain, justru teman-teman saya yang nyontek sama saya. Gitu deh, setiap orang punya kekurangan dan kelebihan. Kita hidup di muka bumi ini untuk saling melengkapi. Orang hidup dengan paket lengkap itu gak ada, kecuali McD.

Tulisan ini nggak mutu banget sih emang, tapi yaudahlah ya. Namanya juga usaha. Hahaha eh ini gak ada yang mau bikin komunitas Mathematics Anxiety gitu? lumayan kan bikin komunitas dimana anggotanya gak bisa ngitung. lumayan juga kalo ditanya anggotanya ada berapa, ngitungnya pake kalkulator dulu. Salam kemerdekaan Indonesia !

Komentar

Postingan Populer