Translate

Rabu, 05 November 2014

SOAL TABUNG GAS



Beberapa hari yang lalu adalah hari yang selalu terulang setiap beberapa minggu sekali, yaitu kehabisan gas. Bagi orang yang doyan masak, habisnya gas dalam tabung adalah petaka. Lagi bahagia-bahagianya masak, wajah sumringah,eh tau-tau kompor mati disaat sayur masih setengah mateng. Ini sakit hatinya ngelebihin sakit dilempar barbel sama Agung Hercules.

Nggak patah semangat sampe situ aja, sebagai wanita tegar tentu gak tinggal diam, Mbakul tukar tabung gas ke warung lalu pulang dengan semangat membara-bara kalau sebentar lagi bisa ngelanjutin masak. Tapi Oh..tunggu dulu...Nisa sudah pergi ke kampus, gak ada yang bisa masang tabung gas. Matik.

Dalam kondisi yang seperti ini, galau adalah pilihan tepat. Nyalain TV, malah tambah bete karena gambarnya butek. Yes, sejak pindah rumah ke rumah baru, nonton TV adalah hal tabu dan tak patut diperbincangkan karena tidak setajam Silet. buram, banyak semutnya, channelnya gak lengkap. Penderitaan lengkap pagi itu.

Gara-gara hal sepele kayak begini, betenya bisa sampe seharian. Mungkin ini juga banyak dialami oleh wanita-wanita cantik diluar sana. Banyak mbak-mbak, ibu-ibu yang gak bisa masang tabung gas. Cukup sudah berhentiin tukang sayur dan tukang ikan yang lewat depan rumah cuman buat masang tabung gas, cukup sudah. FYI ya, buat masang tabung gas itu butuh keberanian yang amat super. Butuh keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kamu gak bakal  bikin rumahmu meledak gara-gara masang tabung gas. Pokoknya gitu.

Hal yang seperti inilah yang sebenarnya harus dilirik oleh para jiwa enterpreneur ulung seperti kamu, kamu dan kamu. Bisa kali ya dibikinin jasa pasang tabung gas. Mau pasang tabung gas tapi kamu takut bikin rumah kamu meledak? Hubungi kami aja 086368358355381345. Dijamin laku! Orang pertama yang bakal pake jasa itu mungkin saya. Atau atau...buka kursus pasang tabung gas, jangan kaget kalau tiba-tiba gerombolan ibu-ibu bakal nyerbu tempat kursus ini. Bersiaplah buka cabang dimana-mana. Hahah elah...

dalam hal ini, pemerintah juga bisa turun tangan, misalnya bikin kurikulum baru, nama kurikulumnya kurikulum dapur buat anak SMP/SMA, biar mereka bisa mandiri dan berdikari dalam urusan dapur. Di kurikulum dapur diajarkan pengenalan bumbu masak, rempah-rempah, latihan ngangkat tabung gas, sejarah peralatan dapur, bongkar pasang peralatan dapur termasuk bongkar pasang tabung gas.

Keterampilan bongkar pasang tabung gas juga gak cuman buat perempuan aja, laki-laki kudu bisa. Ada gitu laki-laki pinter bongkar pasang CPU tapi gak bisa bongkar pasang tabung gas. Entah itu laki-laki dari planet apa.

Ini ide ngaco banget kali ya..tapi gak papa...setidaknya gak ada rumah yang meledak karena ibu-ibu yang mempertaruhkan dirinya untuk mencoba masang tabung gas sendiri. Ini bisa masuk di Komnas perlindungan perempuan hehe.

Rabu, 29 Oktober 2014

20 FACTS ABOUT ME

Candid alay massssss

Halo..ini sebenernya saya posting di instagram saya, supaya lebih lebay lagi..saya post disini haha. Awalnya saya risih gitu deh, ngapain juga gitu kan ngepost kayak gitu. tapi berhubung selebgram pada ngeksis pake ginian, dan ternyata kena tag dari si Bibip, yaudah ikutlah diriku ini haha. ini ada satu poin yang saya ganti ya. Cekidot #20FactsAboutMe #ELAHHHHH

 1. Pernah bercita-cita jadi astronot, pemadam kebakaran, polwan dan penyanyi cilik (Waktu masih TK-SD) 
2. Mathematics Anxiety (Phobia pelajaran Matematika)
3. Gak bisa makan kalo gak pedes. Yes ! Saya cabe-cabean (sambelita)
4. Takut sama peniti, tusuk gigi dan puntung rokok. Jijay to the max 
5. Takut dengan semua binatang kecuali ikan dan kupu-kupu (ceilah gak penting) 
6. Terobsesi untuk tinggi semampai (boleh diketawain)
7. Mencintai makanan mie dengan segala bumbu kriminalnya (kecuali mie instant)
8. Suka bawa hape kalo lagi Bakery (baca: boker) 
9. Suka sama tanaman gitu,, sejenis bunga kaktus haha 
10. Waktu kecil (TK-SD) gak bisa ngikat tali sepatu, makanya mama selalu belikan sepatu yang direkatkan gitu deh 
11. Bukan pecinta makanan yang manis-manis. 
12. Gak suka di ganggu kalo lagi masak. 
13. Gak bisa nolak kalo diajak jalan-jalan (Pantai, gunung dsb) 
14. Gak suka film Korea 
15. Punya cita-cita untuk keliling Indonesia kemudian keliling dunia (Aamiin)
16. Gak pede karena punya badan gede 
17. Baru saja bisa lepas dari ketergantungan memakai shampoo dee-dee rasa anggur (shampoo anak-anak) 
18. Muka bantal. (Asal ngeliat bantal, langsung ngantuk) 
19. Paling suka ngasih nama panggilan aneh buat temen-temen. 
20. Khatam lagu jadul tempo doloe sekelas Mariam Belina, Novia Kolopaking dan spesiesnya. Haha..astaghfirulloh 
21. Mencintaimu ada apanya #kentutin haha

Selasa, 28 Oktober 2014

EXPLORE BANTAENG

Si Udin


Halo halo ! selamat hari Rabu bahagia ! Baru sempat ngepost ginian...Oiya kali ini saya akan sharing informasi  keren tentang Bantaeng. Yes, Bantaeng ini sekarang lagi ngehits banget karena kemajuannya yang cukup pesat, apalagi dipimpin oleh bupati kece, bapak Professor Nurdin Abdullah yang anaknya ternyata tetanggaan sama saya hahaha #gakpenting. Oke lanjut, jadi beberapa minggu yang lalu, tepatnya tanggal 1-4 oktober saya menghabiskan waktu di Bantaeng. Awal bulan yang produktif karena bisa jalan-jalan di kampung orang, apalagi tempatnya keren. Buat kamu yang gak tau mau kemana atau sekedar pengen tau aja tentang kabupaten Bantaeng ini , boleh deh dilanjutin bacanya. Sempat suatu saat ada keinginan buat kesini…

Buat kamu yang ada di Makassar, kalo mau ke Bantaeng gak usah sungkan dan ragu karena gak punya kendaraan, kamu bisa naik mobil sewa yang bisa kamu dapatkan di terminal Mallengkeri. Biaya menuju Bantaeng cukup murah, 35 ribu aja. Jadi PP nya Cuma 70 ribu, murah kan? Selama disana, kamu bisa naik angkot super murah, belum pernah nyobain, tapi kalo naik angkot disini kamu cukup bayar 2000 aja, naik becak sejauh 500 meter cuman bayar 5000, tapi berhubung saya kasian sama tukang becaknya, ditambahinlah duitnya. Kasiannnn..apalagi kalau badan kamu bongsor…tega banget kalo gak ditambahin :D

Oh, iya Bantaeng ini menurutku cukup romantis buat diliburanin, hal itu terbukti dari banyaknya anak gaul Bantaeng yang kalo malam tumplek di pantai Seruni. Eh bukan cuman anak gaul, bapak-bapak dan ibu-ibu juga banyak yang nongkrong disini tiap malamnya, rame bangetlah pokoknya. Belum lagi pohon-pohon di sekitaran pantai disini di hiasi lampu berwarna-warni, jadi lucu aja gitu penampakannya. Kata temenku, makanan yang perlu di coba kalo lagi kesini adalah….salad buah ! iya katanya sih enak dan beda dari yang lain, tapi waktu saya nyobain rasanya sama aja sih. Oh iya Ini dia penampakan Pantai Seruni di malam hari. Ketje !
Pantai Seruni nih

Pohon romantis nih, sekitaran pantai penuh ginian


Selain Pantai Seruni, kamu juga bisa mengunjungi pantai Marina yang berada di dekat perbatasan Bantaeng- Bulukumba. Belum pernah nyobain pemandangan malam disini, tapi kalau sore, banyak banget orang yang nongkrong disini. Analisanya gini, semakin Banyak/ramai orang yang datang ke sebuah warung maka kesimpulan awal kita adalah, warung itu makanannya enak. Sama aja kayak tempat tongkrongan, kalau liat banyak orang nongkrongin suatu tempat, maka kita akan berkesimpulan bahwa tempat itu keren dan super cozy. Ya setidaknya keren buat di tongkrongin.

Buat kamu yang suka dengan pemandangan alam, Loka adalah salah satu pilihan yang bisa kamu datengin pada saat liburan di Bantaeng. Loka ini merupakan daerah agribisnis yang terkenal dengan wisata kebunnya. Karena disini, sayur mayur, buah-buahan seperti apel, strawberry, duren dan rambutan banyak banget kalo lagi musimnya. Kalo kamu doyan sama tempat yang dingin, boleh deh dating kesini. Katanya temenku, si Anti Udin orang sana kalau tidur musti lapis 7 selimutnya, itu saking dinginnya. Oh iya, kamu juga bisa ngeliat Bantaeng beserta lautnya dari puncak gunung dan itu bisa kamu dapatkan selama perjalanan ke Loka,Kereen…banget ! tapi sayang waktu itu gak sempat jepret. Di Loka ini, banyak banget bunga, ada bunga lavender, krisan dan macem-macem, gak perlu ke luar negeri kalo mau gegulingan manja kayak Syahrini, karena kamu bisa dapet di Bantaeng. Ayoayo
kembang wortel

kebon strawberry


Tempat keren lainnya yang ada di Bantaeng adalah air terjunnya. Air terjun ini bernama Bissapu Waterfall. Air terjun Bissapu ini lokasinya cukup dekat dari pusat kota, perjalanan menuju kesana cukup dengan 10-15 menit saja dan untuk masuk kesana, kamu hanya mengeluarkan duit 5000 perorangnya. Traveller favoritku, mas Ernanda Putra dan Mbak Sese’, juga sudah pernah kesini #ceilah haha, karena emang tempatnya keren banget, sejuk. Menurut informasi yang saya dapatkan dari internet, Air terjun Bissapu ini tingginya antara 50  – 80 meter, entah yang bener yang mana, tapi yang jelas air terjun ini tinggi banget, coba deh liat foto ini, orangnya aja keliatan kecil banget. Berhubung tempatnya ini bertangga tangga gitu, kamu harus siapin air minum yang banyak, karena naik tangga itu melelahkan, men !
rindang banget,gak usah takut kepanasan

yaudah nih penampakan air terjunnya


Eh apalagi ya yang unik di Bantaeng ? Oh iya, di sepanjang pelabuhan banyak banget petani rumput laut, sapatau aja kamu orang yang antimainstream dan kepikiran selfie bareng rumput laut, sah-sah aja. Menurut informasi yang saya dapatkan dari bupati kece Bantaeng, dulunya rumput laut di Bantaeng cuman seharga Rp. 2000 perkilonya, tapi sejak 2008 harga rumput laut di Bantaeng sudah seharga 17000 perkilonya karena di ekspor ke philipina, walhasil banyak nelayan yang kaya mendadak karena ini.

Kalau mau berenang-berenang di pantai Bantaeng, boleh banget. Tapi menurut saya, airnya agak kurang asyik aja buat diberenangin, karena pasirnya hitam dan airnya ya gitu deh. Tapi kalau kamu mau mandi-mandi kece. Boleh deh kamu cobain kolam renang milik pemerintah kota Bantaeng, buat masuk kesana murah banget, Cuma 1000 rupiah kamu bisa berenang sampe kamu masuk angin. Ih heran ya, padahal kan berenang di air ya kok gak masuk air malah masuk angin? Sampe sekarang saya masih bingung #jitak.

Sebenernya ada sih tempat permandian yang alam-alam gitu, namanya permandian Ermes tapi saya belum sempat kesana karena waktu yang gak memungkinkan untuk datang kesana, berhubung tanggal 5 nya sudah idul adha, yasudah. Tapi sayangnya, di Bantaeng ini saya masih belum nemu makanan khasnya, temen saya yang orang asli bantaeng malah bingung waktu saya nanya makanan khasnya apa aja. Saya malah diajakin makan bakso, elahhh bakso mah dimana-mana aja ada…kan enak ya kalau lagi liburan, bisa sekalian nyobain makanan khasnya. Yaudah deh, sampai sini dulu..silahkan kalau mau explore Bantaeng, beberapa tahun kedepan akan makin keren. Soalnya Saya sudah sempat ngeliat perencanaan wilayah pembangunan di Bantaeng ini, kece !

Yaudah buruan ! ke Bantaenglahh.....
Cek IG kita ya sist ada foto alay selama di Bantaeng instagram.com/ddtia_ BABAYYY !





OLEH-OLEH DARI SEMINAR MARITIM 2014


Bulan September lalu adalah bulan dimana kegiatan ngampus sungguh sangat garing. Datang ke kampus cuman nungguin dosen untuk ujian komfrehensif, tapi gak pernah ketemu-ketemu juga sama dosennya. Betein banget pokoknya. disaat bete sampe ubun-ubun, datanglah Irvan dan Qudra, dua lelaki feminin sejagat UIN dengan membawa sebongkah tawaran menggiurkan. Mereka menawarkan saya untuk ikut dalam seminar nasional maritim 2014 di Bantaeng. Mereka tahu banget kalo saya paling seneng kalau diajak jalan-jalan tanpa mempertimbangkan bahwa itu bukan bidang kami yang kekomunikasi-komunikasian dan tanpa babibubebe lagi, saya memutuskan untuk ikut seminar tersebut dengan mendaftarkan diri secara online. Voilaaa…segitunya.

Datang ke seminar jelas bukan hobi saya, apalagi seminar yang gak berhubungan dengan bidang saya (emang bidangku apasih?). Yak, jadi datang ke seminar itu hanya modus belaka, karena tujuan terselubung saya adalah jalan-jalan, berhubung Irvan dan Qudra terlanjur mengiming-imingi saya pemandangan indah di Bantaeng, tentu bikin saya jadi banjir iler. Namanya juga seminar maritim, sudah tentu akan membahas mengenai laut dan potensi kemaritiman di Indonesia. Namun, setelah saya pikir-pikir mungkin ini akan ada gunanya, setidaknya saya lumayan sering pergi ke pantai buat jalan-jalan, sapatau dapat inspirasi keren dari sana. Klik ini dulu ya

Yessss...Selama seminar berlangsung, saya kelelat kelelet karena gak tahan duduk lama-lama, ngantuk dan bete menghinggapi, mau online hape keburu lowbatt karena seminar dijadwalkan berlangsung dari pagi hingga hampir tengah malam, ((((bokongku))))). Annas, sahabat jalan-jalan saya yang berada di barisan sebelah ternyata juga sama betenya, powerbank sudah kehabisan daya, pemateri casciscus terdengar sangat teoritis bikin mata terkikis. Padahal ya si Annas ini anak lingkungan yang harusnya fokus mendengarkan materi demi kemaslahatan lingkungan pesisir pantai Indonesia, dia malah tidur manja dengan senderan di bangku yang ada didepannya #elah

Saat seminar, saya lebih banyak ngobrol random dengan Irvan dan Qudra, gambar-gambarin tangan pake spidol saking gak ada kerjaaanya, ngambil voucher trans studio dari Koran yang dibagikan, ngambil makanan berkali-kali saking betenya.  Tapi tapi…saya pulang tidak dengan otak kosong pemirsa, karena saya kadang-kadang juga mendengarkan para professor yang memberikan materi di depan sana. Tahu apa yang saya dapatkan? Gak banyak, hanya sedikit.

Yes, Indonesia ini sebenernya kaya banget, sebagian besar wilayah Indonesia adalah wilayah perairan. Banyak banget orang-orang yang hidupnya bergantung pada laut, contohnya nelayan termasuk kita juga yang doyan makan ikan. Saya baru saja googling tentang jumlah nelayan di Indonesia, dan ternyata menunjukkan hasil yang fantastis (gugling deh). Banyak banget nelayan di Indonesia, hal ini didukung oleh luas garis pantai Indonesia yang memiliki panjang 95.181 km2, luas kan? Tapi kalian pernah gak sih datang atau sekedar lewat di wilayah pesisir pantai atau ke pulau-pulau? Rata-rata wilayah pesisir pantai dan pulau adalah wilayah yang agak kumuh, sampah bertebaran dimana-mana, susah banget buat nyari WC, kadang saya mikir apa orang disini kalau buang air harus nyemplung kelaut atau harus ditimbun pake pasir? Sungguh ironis, bahwa perairan di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa, dari mulai hasil laut  berupa ikan yang melimpah, rumput laut dan wisata bahari yang seharusnya digenjot demi memakmurkan wilayah pesisir dan kepulauan.

Sekarang saya mikir, dengan garis pantai yang maha panjang dan dengan jumlah nelayan yang sangat bejibun kenapa di wilayah pesisir masih banyak keluarga yang tidak mampu?  Menurut informasi yang saya dengar saat seminar, banyak anak usia sekolah yang tidak bersekolah malah membantu kedua orangtuanya untuk mencari ikan atau memanen rumput laut. Tidak ada yang salah dengan seorang anak yang lebih memilih membantu orang tuanya ketimbang sekolah. Namun menurut saya hal itu tidaklah baik untuk perkembangan anak di wilayah pesisir pantai, harusnya mereka bisa bersekolah tinggi sehingga bisa memajukan wilayah pesisir pantai dengan ide keren mereka. Sapatau selepas lulus kuliah, mereka bisa jadi juragan di kampungnya atau malah jadi kepala dinas kemaritiman, ya gak? gak ada yang tahu kelanjutan hidup kita di detik selanjutnya.

balik lagi tentang nelayan. Kebayang gak sih, kalo misalkan dengan jumlah nelayan sebanyak itu, kalau pemerintah lebih mengembangkan potensi maritim, maka kemiskinan di Indonesia akan berkurang secara drastis. Gimana caranya? Sederhana saja, Turun langsung ke daerah pesisir, jangan pakai perantara kemudian catat masalah di wilayah tersebut. Misalnya di daerah A sanitasi masih buruk, air bersih sulit didapat, perahu nelayan tidak layak untuk dioperasikan, tempat pembuangan sampah tidak layak, keberadaan sekolah, pasar dan bahan bakar untuk nelayan apakah sudah tersedia, kemudian fasilitasi agar mereka dapat berkembang. Coba ya daripada di kota dibangun mall melulu, mending pemerintah mengajak pihak swasta yang sering bangun mall buat "membangun" di bidang kemaritiman. Kayaknya keren.

Menurut pikiran saya, coba pemerintah bisa membaca potensi wisata bahari di wilayah masing-masing. Ada pulau keren diseberang, pasirnya putih, terumbu karangnya indah, banyak ikannya, jadikan dong tempat wisata, promosiin, tapi sebelumnya transportasi dengan standar keamanan yang mumpuni, penginapan serta perawatan tempat wisata harus diperhatikan sehingga banyak orang yang tertarik untuk datang ke pulau tersebut. Kalau sudah begitu, semua orang yang sudah mengunjungi pulau tersebut akan sukarela menjadi markom untuk mempromosikan keindahan pulau/pesisir pantai, gak perlu buzzer bayaran. Apalagi sekarang jaman makin narsis, makan somay aja di foto lalu di upload di instagram, apalagi kalau liburan keren di pulau? Yakin, ini cara sederhana buat memajukan potensi bahari di Indonesia. Menurutku ya CMIIW.

Kemudian, wisata mancing yang sampai saat ini belum juga dilirik oleh pemerintah. Di Malaysia, ada sebuah wisata mancing di laut dan banyak banget peminatnya, baik dari kalangan lokal maupun internasional. Coba deh Indonesia bikin juga, pasti keren. Anambas, pulau kecil yang ada di kepulauan Riau adalah wilayah penghasil ikan yang sangat besar, kalau lagi musim panen, orang-orang pada bingung mau diapain lagi tuh ikan tongkol saking banyaknya. Menurut saya, dengan potensi sekeren itu, seharusnya Anambas bisa mengekspor sebagian dari hasil lautnya kepada negara lain, selain ikannya gak mubadzir, ini bisa menghasilkan income yang tidak sedikit. Tapi sebelumnya perbaikin dulu transportasi laut buat kegiatan ekspornya hehe.  Sebenernya masih banyak sih yang saya dapatkan, tapi ya ini dululah...

Mulai 20 oktober kemarin, saya agak sedikit lega. Berhubung presiden kita, pak Jokowi akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim, saya ada sedikit harapan untuk kemajuan wilayah pesisir di Indonesia. Apalagi dengan adanya menteri baru yang keren-keren, pasti mereka akan bersinergi untuk bisa mewujudkan cita-cita kita semua. Cieh hahaha. Tapi bener lho ini..saya ada harapan besar untuk pemerintahan kali ini. Pemerintahan yang kayaknya bakal punya banyak kejutan. Semoga kejutan yang baik.

Laut itu indah, banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada lautan biru disana. Andaikan mereka diperhatikan, tentu mereka akan sejahtera. http://instagram.com/p/tfU1byG9UG/


Selasa, 23 September 2014

EXPLORE CANGKE ISLAND


Patrick Star
Halo selamat malam! Udah makan malam? Jangan lupa makan, nanti sakit loh #awalyangperhatian. Oke…kamu udah kepikiran mau liburan kemana buat weekend ini? Atau masih bingung mau kemana? Kamu bosen kalo weekend Cuma nongkrong di mall? Butuh sesuatu yang baru ? Oke baca terus kalo gitu.

Sabtu kemarin saya dan beberapa teman-teman dari Institute Of Community Development mengadakan liburan kecil-kecilan. Niatnya untuk kangen-kangenan karena sudah lama gak ketemu. Akhirnya terkumpullah 10 orang travel junkie yang memutuskan untuk menghabiskan weekend di sebuah pulau  maha awesome. Voilaaa… .

Kali ini saya akan berbagi info buat kamu  tentang tempat liburan yang murah, dekat, indah dan tidak terlalu melelahkan sehingga kamu bisa menjelang hari seninmu dengan cerah ceria. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek budget liburanmu. Sekarang kamu cek dompet dan sisihkan 70rb-100rb buat liburan di weekend nanti. Udah ? langkah kedua ajak teman-teman kamu untuk  ikut liburan, ajak sebanyak-banyaknya kalo perlu.  Kalo langkah pertama dan kedua udah kamu lakuin, sekarang kamu baca review tempat yang akan kamu kunjungi nanti. Cekidot..

Jadi, tempat yang sangat recommended untuk kamu liburanin untuk weekend nanti adalah Pulau Cangke. Pulau ini terletak di pangkajene alias Pangkep (katanya Annas). Etsss..jangan berpikiran kalo kamu bakal ke Pangkep dulu kalo mau ke Pulau Cangke. Untuk menuju kesana, kamu akan berangkat melalui pelabuhan Paotere yang terletak di Jalan Sabutung (Ayo cek google maps). Oh iya, sebelum berangkat, sebaiknya kamu memesan kapal dulu agar perjalananmu lebih selow karena segalanya terencana dengan baik. Kamu bisa memesan kapal di pak Gafur, kenapa saya merekomendasikan beliau? karena yang saya tahu hanya pak Gafur haha. Nih ada nomor hapenya 085299985993. Boleh deh kamu sms-sms, yang penting jangan sms mama minta pulsa. Biaya untuk menyebrang ke pulau cangke hanya 50rb Pulang-Pergi. Gak ada biaya lain selain itu, karena masuk ke Pulau Cangke GRATIS. Oke gak sih? Terus  kenapa harus nyimpan 100rb? Buat pegangan aja, sapatau ada biaya tidak terduga. Selalulah waspada…

Lama perjalanan ke Pulau Cangke sekitar 2,5 jam, untuk itu kamu harus bawa cemilan yang bisa kamu makan selama perjalanan. Buat kamu yang mabuk laut sebaiknya menyiapkan jantung cadangan karena perjalanan sangat menguji adrenalin, ombaknya super gede, dijamin kamu bakal mumet. dan eh.. sebaiknya minum obat anti mabuk terlebih dahulu, biar bisa senyum-senyum di kapal #ceilah. Peringatan oh peringatan, jangan sampe kamu tidur ya karena banyak banget pemandangan yang bagus untuk kamu lihat. Salahsatunya ini..
Pulau Balla http://instagram.com/p/tNVbtyG9Zg/

Untuk waktu pemberangkatan, kamu bisa milih antara jam 10 atau jam 3:30  sore. Untuk pemberangkatan jam 10 pagi, kamu bakal menikmati panas yang luar biasa diatas kapal dan kamu akan tiba jam 12:30, setelah itu bisa pasang tenda dan istirahat sambil menunggu sunset beberapa jam kemudian. Sedangkan kalo kamu berangkat pukul 3 :30 sore masih tetep panas, tapi cuman sebentar. Kelebihan berikutnya, kamu bisa nonton live sunset dari atas kapal, tapi agak telat untuk sholat maghrib. Oh iya, nonton live sunsetnya kayak begini
http://instagram.com/p/tNWomsm9bf/

Betewe ya, pulau cangke ini pulaunya kecil dan sepi banget, gak ada listrik, gak ada penjual, gak ada WC umum dan hanya ada 3 rumah warga penunggu pulau. setelah kamu sampai, jangan lupa laporan dulu ya. Selama disana, banyak banget pemandangan epic yang bisa kamu dapetin, kalo tadi sunset udah, kamu bisa berkeliling pulau sambil jeprat-jepret gitu deh, ketemu sama pengunjung lain, jadi siapkan senyum terhangatmu buat mereka yaaaaa…

Buat kamu yang hobi snorkeling, ini tempat yang tepat buat kamu snorkelingan karena terumbu karangnya keren banget dan air laut yang super bening jadi bisa sekalian ngeliat ikan-ikan lucu disana, tapi kamu harus siapin alat sendiri ya, karena disana gak ada tempat penyewaan alat snorkeling. Bukan cuman snorkelingan aja, kamu juga bisa mancing, berenang, diving #kalobisa ahh..pokoknya epic. Tapi ingat, siapin alatnya sendiri. 

Gak cuman waktu sore aja yang keren, kalo malam kamu bisa bikin api unggun sambil ngeliat taburan bintang, bulan, pulau sebelah dan kapal-kapal lain yang lagi lewat. Duh yang suka nulis puisi bakal dapet ilham dadakan kalo udah sampe sini. Oh iya, jangan tidur terlalu larut ya, biar bisa bangun pagi, ngeliat sunrise dan abis itu keliling-keliling di pulau …kayak ini !
http://instagram.com/p/tOe-7aG9TZ/

Jangan lupa untuk abadikan setiap moment indah bareng temen-temen kamu ya. Informasi tambahan buat kamu yang mau ke Pulau Cangke, beberapa perlengkapan yang wajib kamu bawa :

  •  Berhubung disana susah air bersih, kamu wajib bawa tissue basah
  •   Bekal makanan yang lebih
  • Senter/lampu charge karena disana gak ada listrik
  • Gallon air
  • Anti nyamuk
  • Perlengkapan camping
  • Alat makan
  • Obat-obatan
  • Powerbank buat ngecharge hape
  • Hanya kamu yang tau perlengkapan apa yang harus kamu bawa
Randomossaurus


Eh ini ada tambahan foto-foto kalo kamu sudi buat ngeliat :D, sebenernya banyak banget tapi keliatan banget alaynya kalo di upload semua ;D
BEN TEN :D
Ayo buruan ke Pulau Cangke, bisa foto random sama Patrick Star  
 

atau link- link di instagram ini
#ExploreCangke 1
#ExploreCangke 2
#ExploreCangke 3

               

Rabu, 27 Agustus 2014

5 #TEMPATEPIC DI MAKASSAR



Udah ada yang punya rencana liburan? Tapi gak tau mau kemana? Mending ke Makassar aja ! okeh, karena saya sudah merekomendasikan Makassar sebagai tujuan liburan kamu, sekarang saya bakal ngasih bocoran beberapa #TempatEpic di  Makassar. Cekidot !

  •  Pantai Losari
Lagi di Makassar tapi gak mampir ke Pantai Losari? Fix kamu gak gaul maximal. Ada yang bilang kalau ke Makassar tapi gak ke Pantai Losari itu gak afdol. Ibarat makan nasi, kamu cuman makan nasi doang, gak pake lauk, ANYEP. Gak tau deh siapa yang pertama ngomong kayak gitu, saya setuju banget sih sama kalimat maha indah itu.

Ngomong-ngomong soal Losari nih, banyak banget hal unik yang ada disana. Mulai dari pisang epe’ yang khas Makassar banget dan adanya beberapa anjungan baru bin keren. Apa aja? Ada anjungan Bugis, Mandar, Toraja dan City of Makassar yang bisa bikin aktivitas selfiemu semakin ngehits. Lumayan kan buat narsis-narsisan. Selain anjungan, kamu juga bisa belajar sejarah dan budaya Sulawesi Selatan dari Pantai Losari, karena disini ada beberapa replika rumah adat dan budaya tradisional asli Makassar. Yang paling oke ya, banyak patung pahlawan, cocok buat kamu yang pengen mendapatkan inspirasi dan kepengen untuk jadi super hero di masa depan. Gimana? Keren gak? Selain gaul, kamu juga bisa pinter.

Waktu-waktu buat datang ke Pantai Losari sebenernya gak ada. Karena pantai losari buka setiap saat dan selalu keren setiap detiknya, ecieh. Tapi kamu bisa dapet #Momenepic di hari minggu, karena di Anjungan Pantai Losari ada Car Free Day, jadi masyarakat Makassar tumplek disana. Ada yang olahraga, dan ada yang sekedar jalan-jalan aja. Oh iya, disana juga kamu bisa jajan makanan Makassar, karena  tukang jual makanan meluber disana. Jadi kamu gak usah takut kelaparan. 

#MomenEpic kedua adalah jam 4:30 sore, kenapa jam segini? Karena kalo jam 12 siang panas men. Pokoknya jam segini bisa jadi waktu emas buat kamu menikmati keindahan pantai Losari. Selain itu, pencahayaan di jam segini amat sangat maha kece buat mendukung aktivitas jeprat-jepret kamu. Sok atuh, buruan ke Makassar !

#MomenEpic ketiga adalah menjelang Magrib. Saat menjelang Magrib, matahari akan tenggelam #yaiyalah. Nah, disitulah saat dimana kamu bisa ngeliat telor ceplok di atas laut alias sunset maha gede dipantai losari. Ini dia salah satu fotonya.klik disini

#MomenEpic keempat adalah habis magrib. Abis ngeliat sunset kamu boleh melipir buat sholat magrib di masjid terapung Pantai Losari. Nah, abis sholat Magrib ini kamu jangan kabur dulu tapi arahkan pandanganmu ke atas, ke langit, karena kamu bisa ngeliat langit warna biru dengan semburat warna keemasan sisa sunset tadi. Kayak begini klik disini


  • Benteng Fort Rotterdam

Buat kamu yang doyan sama tempat bernuansa vintage-vintage gitu, kamu bisa cobain ke Benteng Pannyua atau lebih sering disebut Benteng Fort Rotterdam. Disini kamu bisa ngeliat beberapa peninggalan sejarah dari zaman belanda. Oh iya, Benteng Fort Rotterdam ini kalo dilihat dari atas mirip dengan bentuk penyu loh. Dan yang paling membahagiakan adalah kamu  bisa apelin tempat ini tiap hari, karena emang buka setiap hari, dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, tapi kalau ada acara khusus biasanya bisa buka sampe tengah malem . Cukuplah buat muter-muter dan jeprat-jepret di setiap sisi di benteng ini.



Selain jam-jam tadi, kamu bisa dateng di awal bulan juni. Karena tiga tahun belakangan ini ada event keren, dimana anak muda gaul berjubel disana. Nama acaranya, MIWF (Makassar International Writers Festival) yang rencananya akan menjadi agenda tahunan di Makassar, cocok banget buat kamu yang suka dengan dunia tulis menulis, sastra-sastraan gitulah. Selama 1 minggu kamu disuguhi pertunjukan seni teater, pembacaan puisi, workshop penulisan, dan banyak seniman keren yang bisa kamu lihat disini dan yang paling epic adalah semuanya GERATISSSS !. Oh iya, Penulis dari dalam dan luar negri juga diundang di acara keren ini, sayang banget kalo kamu gak ikutan. ini kalo acara malem sih MIWF di Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam 



Gak cuman bulan juni aja, banyak hari dimana Fort Rotterdam penuh sesak oleh anak-anak, remaja, setengah tua, dan yang dewasa banget #apaansihini. Pokoknya banyak banget agenda keren yang biasanya diadain di tempat ini. Apalagi banyak komunitas keren yang aktif bikin acara super keren dan maha guna. Tiap bulan ada aja sih yang keren di Makassar. Tiap minggu juga deng. gimana? pecah gak? buktiin langsung !


  •   PANTAI BIRA

Agak melipir sedikit dari kota Makassar. Ini isi dan judulnya agak gak sejalur ya haha tapi gak papa. Sayang banget kalo lagi di Makassar kamu gak datengin tempat Epic ini. Yes, pantai bira. Pantai ini terletak di kabupaten Bulukumba, sekitar 5-6 jam dari kota Makassar. Disini kamu bisa melihat hamparan pasir putih dan air laut yang maha biru. Ini dia beberapa foto yang saya ambil saat bergaulita di Pantai Bira. Aslinya keren, ini yang moto (baca;foto) aja yang gak pinter. Disini kamu bisa merasa bebas kayak Syahrini. “I FEEL FREEEEEE” dan guling-guling di pasir putih.



Oh iya, selain pantai bira, kamu juga bisa ke pantai Bara, jaraknya gak terlalu jauh dari pantai Bira. Perbedaan dari pantai Bira dan Bara ini gak terlalu beda-beda banget ya. Cuman..kalo di Pantai bira ramai dan banyak banget penginepan, kalo di Pantai Bara masih sepi, kamu hanya ditemani oleh pohon kelapa yang berbaris rapi di pantai ini. Sisa milih, mau ditempat yang ramai atau ke tempat yang lebih tenang. Soal penginepan, disini hanya ada  1 penginepan yang deket dari pantai Bara. Sebenernya ada banyak sih, tapi musti keluar dari pantai Bara dulu. Berhubung disana tempatnya lumayan sepi, kamu bisa bikin video guling-guling ala syahrini, bisa snorkling  dan berendam sesuka hati.



Mumpung kamu ada di Bulukumba, kamu bisa sekalian mengunjungi tempat pembuatan kapal Phinisi, pulau kambing dan  pemukiman suku asli bulukumba yaitu suku kajang. Yaudah, sampe sini aja, kamu bisa googling di lapak sebelah. Banyak banget yang bahas tentang bulukumba dan jauh lebih komplit dari ini. Oh iya, jangan lupa beli Jagung Marning buat oleh-oleh orang dirumah.


  •  JENEPONTO DAN BANTAENG

Nah, berhubung kalo ke Bulukumba kamu musti ngelewatin beberapa kabupaten yang salah duanya adalah Jeneponto dan Bantaeng, kamu bisa sekalian  mampir disini buat isi perut. Kalo di Jeneponto kamu bisa nyobain makanan serba kuda, konro kuda, coto kuda, dan gantala kuda. Dijamin deh, abis dari jeneponto kamu bisa kuat kayak gatot kaca. Hiyaaaaak….



Eh tapi gak cuman itu ya, kamu juga bisa mampir untuk membeli sesuatu yang sangat berharga dan dijadikan alat untuk barter yaitu garam.  Di sepanjang jalan di Jeneponto, penjual garam bertebaran dimana-mana. Lumayan, garamnya bisa kamu jadikan cemilan selama perjalanan. 1 karung garam cuman dihargain 5 ribuan, dan 1 karung besar dihargain 50 ribu. Cocok buat kamu yang sayang ibu :D



Jalan sedikit dari Jeneponto, ada kabupaten yang bernama Bantaeng yang diambil dari nama raja Bantaeng, Karaeng Bantaeng. Ini menurut teman saya Udin, yang asli orang sana. Disini, kamu bisa nongkrong-nongkrong gemulai di pantai Seruni dan Pantai Marina. Eh iya, kamu bisa juga berwisata kebun dengan mengunjungi kebun strawberry, apel, bunga krisan yang bisa membuat kamu menjadi bahagia tiada tara #ceilah. Pokoknya gitu, kamu cobain aja.



Sebenernya masih ada kabupaten Selayar yang gak kalah epic dari kabupaten lainnya dan sekarang ini lagi happening banget karena ada kontestan Dangdut Akademi, yaitu si Atik. Gak tau yang mana orangnya,tapi sering banget denger nama itu di tempat KKN. Berhubung saya belum pernah kesana, jadi saya cuman ngasih tau beberapa tempat disana yang saya dapat dari teman saya yang kebetulan asli sana. Jadi di Selayar, ada banyak tempat gaul keren yang bisa kamu datengin, pantai, goa. Air terjun dan yang  pasti kamu bisa diving di tempat ini. Maaf ya gak disebutin. Gimana? Yuk..ah !


  •  MAROS

Di sebelah kota Makassar, ada sebuah kabupaten yang bernama kabupaten Maros. Deket banget dari kota Makassar, secara tetangga dekat. Kota Maros memiliki banyak wisata alam yang bisa menyegarkan pikiran kamu yang terlalu lama layu kena polusi kota. Salah satu wisata yang terkenal di Maros adalah Bantimurung dan Ramang-ramang. Oke kita mulai dari Bantimurung dulu ya.



Bantimurung adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan. Mulai dari air terjun, sungai dan kebun kupu-kupu yang memang sengaja di kembang biakkan di tempat ini. Disini banyak banget kupu-kupu yang diawetin dan bisa kamu bawa pulang, tapi menurut saya, jangan deh. kesian kupu-kupunya...jangan karena pengen rumah kamu keren, kamu memajang hewan tak berdosa itu. hiks



Ramang-Ramang 
Ramang-ramang ini keren loh..googling di warung sebelah ya....