5 Alasan Mengapa Harus ke Pulau Samalona


#ddtiakeSamalona
Selamat malam wahai kaum adam dan kaum hawa yang budiman, selamat duduk diam dan jangan tertidur seperti anggota dewan sebelah. Sesuai janji dan plan siang tadi, malam ini saya akan sharing pengalaman dalam kunjungan kali kedua pada yang samaaaaa... #heh , maksudnya dalam kunjungan kedua saya di Pulau Samalona. Semua akan dirangkum secara random, karena susah banget jadi mahluk puitis dan sistematis seperti mbak mbak cerdas diluaran sana.

Oke ya...Sebenarnya, pulau Samalona bukan satu-satunya destinasi wisata pulau yang ada di sekitaran Makassar, masih banyak sekali pulau-pulau cantik lain yang wajib dikunjungi. Seringkali, banyak orang yang merasa ogah untuk berkunjung di pulau ini dan beberapa orang menganggap bahwa "Pulau Samalona itu biasa sekali ji, jelek ji" dan sebagainya. Namun bagi saya, banyak alasan mengapa harus ke Pulau Samalona, semuanya dirangkum secara random dibawah ini: 

1. Dekat

Buat kamu yang kerja, liburan atau jalan-jalan adalah salah satu hal yang amat sangat dibutuhkan dan dirindukan . Kenapa? biar gak cepet gila. Dilema yang kamu hadapi bukan hanya karena kerjaan yang amat sangat menyita waktu, tapi karena libur cuma sabtu dan minggu, atau yang lebih parah, libur cuma hari minggu aja. Oke, gak papa banget, semesta masih memberimu kesempatan untuk liburan karena masih ada pulau Samalona yang amat sangat bisa kamu kunjungi dalam waktu sehari saja. Iya, bener gak salah baca.

Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut. (sumber: wikipedia)

Nah, karena jaraknya yang cukup dekat, kamu hanya butuh waktu sekitar 15-30 menit untuk sampai di Pulau tersebut dengan menggunakan kapal nelayan/mesin yang berada di dermaga Bangkoa, samping Hotel Gapura. Coba search deh.

Buat yang penasaran gimana kondisi Dermaga Bangkoa, ya ginilah. banyak kapal, banyak air dan banyak abang-abang jualan somay disekitarannya.
Jangan pernah bayangin kapal pesiar, naiknya kapal unyu ini.


2. Murah
Sebagai mahluk millenials yang dikenal dengan kaum konsumtif gak perlu khawatir bangkrut dan terancam makan mie instan di akhir bulan karena berlibur di Pulau ini, sebab oh sebab biaya transportasi hanya memakan biaya Rp. 350.000/kapal yang bisa dimuati hingga 10 orang dalam perjalanan pulang-pergi (PP). Yakinlah, jalan-jalan ke Pulau Samalona gak semahal harga kopi yang kamu bayar untuk nongkrong di cafe langgananmu.

Untuk makanan, usahakan bawa dari rumah supaya berasa liburan hematnya. Kenapa? karena harga makanan di  Pulau Samalona mahal sis, nasi kuning Rp. 20.000 padahal kalau di pingir jalan bisa jadi cuma Rp. 10.000-an aja. Pokoknya wajib ngebontot, karena hampir semua orang yang ke Samalona melakukan hal itu. You're not alone. 

Tips: Biar hemat dan murahnya berasa, siapin bala -bala kaum kurang piknik buat kamu ajakin ke Pulau Samalona, biar otaknya agak segeran dan mengakhiri nyinyir yang berkepanjangan.

3.Indah
Heh..siapa itu yang bilang Pulau Samalona jelek dan biasa aja? sini adek perlihatkan kecantikan Pulau Samalona yang sudah saya butikan siang tadi. Pulau Samalona itu Indah. Saking indahnya, saya yang paling males selfie aja (iya bener, kamu gak salah baca) bisa selfie muter muter sampe hape hampir meledak karena muak dengan wajah item tapi kepedean selfie sampe gak tau diri. Oiya, Kalo yang penasaran gimana pulau Samalona itu, banget banget bisa ngecek by hashtag #ddtiatheexplorer atau #ddtiakesamalona di instagram, tapi karena saya kaum dermawan dan rajin pamer, maka iniah penampakan Pulau Samalona yang harus kamu lihat, resapi, hayati dan kunjungi.
Pasirnya putih, tak seputih hatiku
Selain pasir putih, di Pulau Samalona kita akan disuguhi gradasi warna air laut yang sangat cantik sekali. Air yang jernih serta wahana banana boat yang disewakan ke pengunjung dengan tarif yang cukup murah. Untuk yang suka snorkeling, disini juga tersedia penyewaan alat dan baju renang  untuk pria dan wanita. Lengkap deh, tinggal bawa diri dan bawa duit aja.

Bisa foto dengan background kota Makassar si smart city  terluv sedunia
4.Ada Pak Rahman

Gak perlu khawatir atau takut soal keselamatan karena emmm...aduh bingung, nama lain dari sopir kapal itu  apa ya? yaudahlah pokoknya sopir kapal, pada ngerti kan? Iya, jadi sopir kapalnya itu ramah dan baik banget seperti gebetan pas sebelum jadian #lahkok. Pokoknya gak usah takut, karena ada Bapaknya Wanda alias Pak Rahman, salah satu sopir kapal yang amat sangat saya rekomendasikan karena kebaikan dan karena udah dua kali dianterin bapak ini dan selalu enjoy.
Cuma ya, kekurangannya karena di kapal itu tidak disediakan pelampung/alat keselamatan kalau kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Tapi kalau kamu nyalinya tinggi atau cuek aja, ya gak masalah. Kalau mau aman, bawa pelampung sendiri dari rumah. Ada styrofoam bekas TV atau kulkas emak kamu bawa aja, demi keselamatan. Ingat ! D E M I   K E S E L A M A T A N

Note: Yang pengen ke Samalona dan gak tau mau hubungin siapa? atau ada yang mau make jasanya pak Rahman, bisa melipir ke IG dan DM  saya lewat instagram @ddtia_  ya bapak/ibu.

5. Ada WIFI-nya (FOR FREE)

Ini dia yang paling diidam-idamkan seluruh umat, tempat wisata dan ada WIFI gratisnya. Buat yang doyan nge-Live Instagram atau upload -upload foto/video di instagram atau yang lain, bisa banget pakai WIFI ini, itung-itung bisa sambil mempromosikan wisata lokal kita, yekan? Oiya tapi ati-ati aja, jangan sampe hape/kamera lowbatt sebelum puas jepret sana sini ya.


 Udahn lah ya, mau lanjut cerita tentang Ternate di tulisan selanjutnya. Doain biar agak enak buat dibaca ! See ya ! Thank you udah baca. Ini ada foto-foto saya dan saudara-saudara saya, karena memang hari ini saya jalan-jalannya bareng keluarga.
Mas Bow, Mbakul, Udin dan Tutut


Seru airnya bergradasi, dan cantik banget


Komentar

  1. Makasih banget, milih foto yang buat point ketiga emang pas banget. Latar kota Makassar dan modelnya emang klop banget. Cium tangan hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tagihan endorsement segera dikirim di email ibuk ya. Silahkan bayar sesuai jangka waktu yg sdh ditentukan. Terima kasih hahaha

      Hapus
  2. Jadi mau liburan ke Samalona deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kakak dimdim.. Makasih udah baca tulisan amatir ini hehe.

      Hapus
  3. Sopir kapal itu juga membuat saya bingung di tulisan terakhir sayahahahaha. Mo nulis nakhoda juga gak pas. Mo nulis pak kusir lebih gak pas lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ada juga ya? Hehe. Bingung mau pake kata apa. Yg penting yg pada baca ngerti aja. Wkwk

      Hapus
  4. Wifinya bayar berapa disana mba?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer