5 TEMPAT WISATA EPIC DI TERNATE



Puncak Ngade Juni 2016 #ddtiakeNgade
Ada plan ke Ternate? Dinas bentaran aja atau nugas agak lama? Atau dapat jodoh orang sana? Whatever! Karena hari ini saya akan berbagi cerita, enaknya ngapain dan kemana aja kalau lagi di Ternate.

Setahun lebih tinggal di Ternate mulai Januari 2016 sampai Juni 2017, karena di kerjaan sebelumnya tugas di Kota Ternate, Maluku Utara. Hampir tiap hari minggu selalu jalan-jalan muterin gunung Gamalama. Banyak orang yang bilang "Kamu banyak duit banget ya, tiap weekend jalan-jalan melulu?"
Padahal sebenernya, jalan-jalan gak perlu bawa uang jutaan, modal uang 10 ribu udah bisa bikin feed instagram kamu berubah jadi biru-biru cantik atau ijo-ijo yang akan mempesonakan jagat instagram. Wisata di Ternate itu murah, mostly tiket masuk dibawah Rp. 10.000, jadi tenang aja, dompet aman.
Jadi, gimana? Udah bisa to the point aja enaknya kemana? Lanjut ya....

1. Danau Laguna
Danau Laguna atau juga biasa disebut dengan Danau Ngade terletak di Desa Ngade, Kecamatan Ternate Selatan. Kalau kamu sekarang berada di Ternate Kota (Ternate Tengah), Diperlukan sekitar 30-45 menit untuk menuju Danau ini. Akses menuju TKP bisa menggunakan mobil atau motor. Jalan yang dilalui sudah beraspal, agak mendaki dan cukup teduh karena terdapat pepohonan rindang di sepanjang jalan. 

Danau Laguna merupakan tempat sentra budidaya/peternakan ikan air tawar, seperti ikan mujahir dan ikan nila. Nah disini terdapat beberapa rumah makan terapung yang menyediakan menu seperti mujahir asap atau ikan nilla bakar dengan harga yang cukup murah, karena perkilonya dipatok dengan harga sekitar Rp. 120.000- Rp.150.000 lengkap dengan nasi panas, kangkung tumis dan sambel dabu-dabu khas Ternate.

Disini pula mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan air danau yang hijau dan pepohonan rindang disekitarnya yang bsa membuat mata menjadi sayup-sayup karena angin sepoi-sepoi yang sangat mendukung untuk tidur siang disana wkwkkw. 
Note: Sorry banget gak ada fotonya, kehapus.wkwk

2. Puncak Ngade

Puncak Ngade berada disekitaran Danau Laguna. Dimana tempat ini amat sangat drastis perubahannya. Ketika saya mengunjunginya di pertengahan tahun 2016, Tempat ini sangat biasa saja dan belum ditangani oleh tangan tangan kreatif seperti sekarang ini. 

Di Puncak ini kita akan melihat Danau Laguna, laut, dan Pulau Maitara dari ketinggian. Seperti foto yang saya ambil beberapa waktu lalu.

Puncak Ngade bulan Mei 2017 lalu

3. Danau Tolire
Danau Tolire dari Pesawat

Ke Ternate gak afdol rasanya kalau gak ke Danau Tolire. Danau penuh dengan sejarah. Karena saya lagi gak bahas sejarahnya, silahkan cari tahu di gugel si serba tahu. Yak, jadi Danau Tolire ini terletak di kelurahan Sulamadaha, Orang sini biasanya akan bilang Danau Tolire besar belakang Gunung karena memang posisinya berada di belakang Gunung Gamalama yang termahsyur di Maluku Utara.
Danau Tolire dari pesawat 2 wkwk


Ada mitos, kalau kita melemparkan batu ke danau ini, maka batu tersebut tidak akan sampai ke permukaan air danau alias ngilang. Ah yang bener???? Jawabannya...nyampe kok karena saya pernah mencobanya karena menjadi korban dari muka melasnya adek-adek yang menjual batu disini. Luamyan, Sekantong batu berisi sekitar  20 batu dihargai Rp. 5000.

Oiya, waktu yang diperlukan untuk sampai di danau Tolire sekitar 45 menit hingga 1 jam, jarak yang cukup dekat dan akan melewati beberapa destinasi wisata yang tidak kalah cantiknya seperti Batu Angus, Pantai Sulamadaha dan Pantai Jikomolamo. Danau ini bisa diakses dengan motor dan mobil. Jalannya super mulus, gak seperti kisah cintamu wkwk.


4. Pantai Sulamadaha
Njebur-able

Untuk pecinta pantai, Maluku Utaralah tempatnya. Cukup banyak pantai di Ternate namun sebagian besar pasirnya berwarna hitam. Tapi tidak untuk pantai yang satu ini. Pantai Sulamadaha adalah primadona di Kota Ternate. Letaknya tidak jauh dari kota, hanya sekitar 30 menit, sehingga sangat mudah dijangkau untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk berlama lama diperjalanan.
Bisa romantisan naik kapal kapal yuhuuu


4. Pulau Maitara
Ada yang nyadar gak, kalau di uang Rp.1000 ada gambar sebuah pulau yang amat sangat terkenal dan letaknya itu di seberang pulau Ternate.
pulau Maitara dan airnya super bening


5. Pantai Jikomolamo

Airnya bening, tak sebening hatiku
Pantai Jikomolamo berada tidak jauh dari Pantai Sulamadaha. Jadi mereka ini sebenernya tetanggaan yang sama sama jadi kembang Desa di Kelurahan Sulamadaha. Gak bisa milih salah satunya, karena dua duanya emang super cantik, lengkap dengan airnya yang bening. Saking beningnya kalau kita ngaca, kayak berasa ada flternya gitu, Jadi cantik. Gak deng bercanda.


Masih banyak destinasi cantik di Ternate, kamu yang mau kesini jangan takut nganggur di hari minggu, karena wisata di Ternate dan Tidore itu seabrek dan bagus-bagus semua. Sorry gak ngasih detail yang cukup buat kalian, karena keterbatasan kesempatan karena udah diburu-bru untuk ketemu teman kuliah yang hari ini mampir di Makassar. 

Buat yang mau nanya tentang lingkungan, budaya, detail destinasi wisata mana aja dan gimana-gimananya bisa banget mampir di instagram, klik ---->>  @ddtia_
Buat yang males nanya tapi pengen tau cantiknya Ternate gimana, yaudah silahkan stalking di akun saya atau pakai hashtag yang kira-kira bisa melengkapi rasa penasaran kamu.

Tulisan ini saya buat karena kecintaan saya terhadap Maluku Utara, Khususnya Ternate karena disana masyarakatnya amat sangat ramah dan mudah bersahabat. Buat yang ngira orang timur itu kasar dan serem, jangan salah, justru orang sana orangnya ramah banget. Daripada penasaran, langsung tentukan kapan mau ke Ternate dan main ke tempat epic diatas.
Thank you udah baca!  
ini ada beberapa foto lainnya.
Benteng Toloko
Pantai Falajawa

Tolire kecil dan pulau Hiri

Komentar

  1. Actually you have 6 point 🀣🀣 and inget banget cerita dibalik point ke 4 ituπŸ˜ƒπŸ˜† that's crazy wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow. Happy to see your comment here maluf. Hahha tq for reminding me how absurd that story was kwkwkkw

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer