5 #TEMPATEPIC DI MAKASSAR



Udah ada yang punya rencana liburan? Tapi gak tau mau kemana? Mending ke Makassar aja ! okeh, karena saya sudah merekomendasikan Makassar sebagai tujuan liburan kamu, sekarang saya bakal ngasih bocoran beberapa #TempatEpic di  Makassar. Cekidot !

  •  Pantai Losari
Lagi di Makassar tapi gak mampir ke Pantai Losari? Fix kamu gak gaul maximal. Ada yang bilang kalau ke Makassar tapi gak ke Pantai Losari itu gak afdol. Ibarat makan nasi, kamu cuman makan nasi doang, gak pake lauk, ANYEP. Gak tau deh siapa yang pertama ngomong kayak gitu, saya setuju banget sih sama kalimat maha indah itu.

Ngomong-ngomong soal Losari nih, banyak banget hal unik yang ada disana. Mulai dari pisang epe’ yang khas Makassar banget dan adanya beberapa anjungan baru bin keren. Apa aja? Ada anjungan Bugis, Mandar, Toraja dan City of Makassar yang bisa bikin aktivitas selfiemu semakin ngehits. Lumayan kan buat narsis-narsisan. Selain anjungan, kamu juga bisa belajar sejarah dan budaya Sulawesi Selatan dari Pantai Losari, karena disini ada beberapa replika rumah adat dan budaya tradisional asli Makassar. Yang paling oke ya, banyak patung pahlawan, cocok buat kamu yang pengen mendapatkan inspirasi dan kepengen untuk jadi super hero di masa depan. Gimana? Keren gak? Selain gaul, kamu juga bisa pinter.

Waktu-waktu buat datang ke Pantai Losari sebenernya gak ada. Karena pantai losari buka setiap saat dan selalu keren setiap detiknya, ecieh. Tapi kamu bisa dapet #Momenepic di hari minggu, karena di Anjungan Pantai Losari ada Car Free Day, jadi masyarakat Makassar tumplek disana. Ada yang olahraga, dan ada yang sekedar jalan-jalan aja. Oh iya, disana juga kamu bisa jajan makanan Makassar, karena  tukang jual makanan meluber disana. Jadi kamu gak usah takut kelaparan. 

#MomenEpic kedua adalah jam 4:30 sore, kenapa jam segini? Karena kalo jam 12 siang panas men. Pokoknya jam segini bisa jadi waktu emas buat kamu menikmati keindahan pantai Losari. Selain itu, pencahayaan di jam segini amat sangat maha kece buat mendukung aktivitas jeprat-jepret kamu. Sok atuh, buruan ke Makassar !

#MomenEpic ketiga adalah menjelang Magrib. Saat menjelang Magrib, matahari akan tenggelam #yaiyalah. Nah, disitulah saat dimana kamu bisa ngeliat telor ceplok di atas laut alias sunset maha gede dipantai losari. Ini dia salah satu fotonya.klik disini

#MomenEpic keempat adalah habis magrib. Abis ngeliat sunset kamu boleh melipir buat sholat magrib di masjid terapung Pantai Losari. Nah, abis sholat Magrib ini kamu jangan kabur dulu tapi arahkan pandanganmu ke atas, ke langit, karena kamu bisa ngeliat langit warna biru dengan semburat warna keemasan sisa sunset tadi. Kayak begini klik disini


  • Benteng Fort Rotterdam

Buat kamu yang doyan sama tempat bernuansa vintage-vintage gitu, kamu bisa cobain ke Benteng Pannyua atau lebih sering disebut Benteng Fort Rotterdam. Disini kamu bisa ngeliat beberapa peninggalan sejarah dari zaman belanda. Oh iya, Benteng Fort Rotterdam ini kalo dilihat dari atas mirip dengan bentuk penyu loh. Dan yang paling membahagiakan adalah kamu  bisa apelin tempat ini tiap hari, karena emang buka setiap hari, dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, tapi kalau ada acara khusus biasanya bisa buka sampe tengah malem . Cukuplah buat muter-muter dan jeprat-jepret di setiap sisi di benteng ini.



Selain jam-jam tadi, kamu bisa dateng di awal bulan juni. Karena tiga tahun belakangan ini ada event keren, dimana anak muda gaul berjubel disana. Nama acaranya, MIWF (Makassar International Writers Festival) yang rencananya akan menjadi agenda tahunan di Makassar, cocok banget buat kamu yang suka dengan dunia tulis menulis, sastra-sastraan gitulah. Selama 1 minggu kamu disuguhi pertunjukan seni teater, pembacaan puisi, workshop penulisan, dan banyak seniman keren yang bisa kamu lihat disini dan yang paling epic adalah semuanya GERATISSSS !. Oh iya, Penulis dari dalam dan luar negri juga diundang di acara keren ini, sayang banget kalo kamu gak ikutan. ini kalo acara malem sih MIWF di Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam 



Gak cuman bulan juni aja, banyak hari dimana Fort Rotterdam penuh sesak oleh anak-anak, remaja, setengah tua, dan yang dewasa banget #apaansihini. Pokoknya banyak banget agenda keren yang biasanya diadain di tempat ini. Apalagi banyak komunitas keren yang aktif bikin acara super keren dan maha guna. Tiap bulan ada aja sih yang keren di Makassar. Tiap minggu juga deng. gimana? pecah gak? buktiin langsung !


  •   PANTAI BIRA

Agak melipir sedikit dari kota Makassar. Ini isi dan judulnya agak gak sejalur ya haha tapi gak papa. Sayang banget kalo lagi di Makassar kamu gak datengin tempat Epic ini. Yes, pantai bira. Pantai ini terletak di kabupaten Bulukumba, sekitar 5-6 jam dari kota Makassar. Disini kamu bisa melihat hamparan pasir putih dan air laut yang maha biru. Ini dia beberapa foto yang saya ambil saat bergaulita di Pantai Bira. Aslinya keren, ini yang moto (baca;foto) aja yang gak pinter. Disini kamu bisa merasa bebas kayak Syahrini. “I FEEL FREEEEEE” dan guling-guling di pasir putih.



Oh iya, selain pantai bira, kamu juga bisa ke pantai Bara, jaraknya gak terlalu jauh dari pantai Bira. Perbedaan dari pantai Bira dan Bara ini gak terlalu beda-beda banget ya. Cuman..kalo di Pantai bira ramai dan banyak banget penginepan, kalo di Pantai Bara masih sepi, kamu hanya ditemani oleh pohon kelapa yang berbaris rapi di pantai ini. Sisa milih, mau ditempat yang ramai atau ke tempat yang lebih tenang. Soal penginepan, disini hanya ada  1 penginepan yang deket dari pantai Bara. Sebenernya ada banyak sih, tapi musti keluar dari pantai Bara dulu. Berhubung disana tempatnya lumayan sepi, kamu bisa bikin video guling-guling ala syahrini, bisa snorkling  dan berendam sesuka hati.



Mumpung kamu ada di Bulukumba, kamu bisa sekalian mengunjungi tempat pembuatan kapal Phinisi, pulau kambing dan  pemukiman suku asli bulukumba yaitu suku kajang. Yaudah, sampe sini aja, kamu bisa googling di lapak sebelah. Banyak banget yang bahas tentang bulukumba dan jauh lebih komplit dari ini. Oh iya, jangan lupa beli Jagung Marning buat oleh-oleh orang dirumah.


  •  JENEPONTO DAN BANTAENG

Nah, berhubung kalo ke Bulukumba kamu musti ngelewatin beberapa kabupaten yang salah duanya adalah Jeneponto dan Bantaeng, kamu bisa sekalian  mampir disini buat isi perut. Kalo di Jeneponto kamu bisa nyobain makanan serba kuda, konro kuda, coto kuda, dan gantala kuda. Dijamin deh, abis dari jeneponto kamu bisa kuat kayak gatot kaca. Hiyaaaaak….



Eh tapi gak cuman itu ya, kamu juga bisa mampir untuk membeli sesuatu yang sangat berharga dan dijadikan alat untuk barter yaitu garam.  Di sepanjang jalan di Jeneponto, penjual garam bertebaran dimana-mana. Lumayan, garamnya bisa kamu jadikan cemilan selama perjalanan. 1 karung garam cuman dihargain 5 ribuan, dan 1 karung besar dihargain 50 ribu. Cocok buat kamu yang sayang ibu :D



Jalan sedikit dari Jeneponto, ada kabupaten yang bernama Bantaeng yang diambil dari nama raja Bantaeng, Karaeng Bantaeng. Ini menurut teman saya Udin, yang asli orang sana. Disini, kamu bisa nongkrong-nongkrong gemulai di pantai Seruni dan Pantai Marina. Eh iya, kamu bisa juga berwisata kebun dengan mengunjungi kebun strawberry, apel, bunga krisan yang bisa membuat kamu menjadi bahagia tiada tara #ceilah. Pokoknya gitu, kamu cobain aja.



Sebenernya masih ada kabupaten Selayar yang gak kalah epic dari kabupaten lainnya dan sekarang ini lagi happening banget karena ada kontestan Dangdut Akademi, yaitu si Atik. Gak tau yang mana orangnya,tapi sering banget denger nama itu di tempat KKN. Berhubung saya belum pernah kesana, jadi saya cuman ngasih tau beberapa tempat disana yang saya dapat dari teman saya yang kebetulan asli sana. Jadi di Selayar, ada banyak tempat gaul keren yang bisa kamu datengin, pantai, goa. Air terjun dan yang  pasti kamu bisa diving di tempat ini. Maaf ya gak disebutin. Gimana? Yuk..ah !


  •  MAROS

Di sebelah kota Makassar, ada sebuah kabupaten yang bernama kabupaten Maros. Deket banget dari kota Makassar, secara tetangga dekat. Kota Maros memiliki banyak wisata alam yang bisa menyegarkan pikiran kamu yang terlalu lama layu kena polusi kota. Salah satu wisata yang terkenal di Maros adalah Bantimurung dan Ramang-ramang. Oke kita mulai dari Bantimurung dulu ya.



Bantimurung adalah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang menyegarkan. Mulai dari air terjun, sungai dan kebun kupu-kupu yang memang sengaja di kembang biakkan di tempat ini. Disini banyak banget kupu-kupu yang diawetin dan bisa kamu bawa pulang, tapi menurut saya, jangan deh. kesian kupu-kupunya...jangan karena pengen rumah kamu keren, kamu memajang hewan tak berdosa itu. hiks



Ramang-Ramang 
Ramang-ramang ini keren loh..googling di warung sebelah ya....

Komentar

Postingan Populer