ADA APA DI YOUTUBE

Selamat malam, wahai netijen yang terhormat. Malam ini entah sedang kerasukan apa, setelah masak dan mencicipi seblak pedes super galak level emak-emak lihat diskon di Mall, sekarang saya kepikiran untuk nulis soal internet lagi. Iya lagi.

Ngomongin soal konten di youtube, hampir semua konten ada, mulai dari konten musik, film, life style, tutorial DIY (Do It Yourself), pendidikan, dan masih banyak lagi. Saking lengkapnya konten di youtube, apapun bisa kita cari, bahkan untuk hal seremeh "Tutorial Memasak Air" pun tersedia di youtube.

Youtube sekarang ini bukanlah hal yang mahal lagi, seiring dengan adanya paketan kuota internet setiap provider dengan harga bervariasi dan cukup terjangkau serta adanya wifi gratis di setiap cafe dan public spot membuat banyak orang menghabiskan waktunya di internet dengan menonton youtube. Hal ini yang bisa jadi menempatkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan video youtube terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2015 (sumber: klik disini )

Pada tahun 2016 hingga kuartal pertama di tahun 2017, Pertumbuhan video youtube di Indonesia meningkat sangat pesat dari jumlah video yang diupload di youtube sampai pada durasi tontonnya. Setelah iseng browsing soal pertunbuhan youtube di Indonesia, akhirnya saya nemu sedikit informasi dari situs ini klik disini

Saya sendiri adalah salahsatu orang yang bisa dikategorikan tidak bisa hidup tanpa youtube, karena sehari-hari selalu ada alasan untuk buka youtube. Bahkan sebagain orang mengklaim bahwa youtube lebih dari TV. Sayapun setuju, karena menurut saya, konten youtube lebih variatif ketimbang konten acara TV. Saya sendiri menggunakan youtube untuk mencari resep masakan, menonton video musik band idola, sampai menonton tutorial make-up yang ternyata ini bukan hanya terjadi pada saya sendiri. Bisa jadi, hampir semua perempuan muda pernah menonton atau bahkan menjadikan menonton tutorial make-up sebagai rutinitas harian.

Tidak dipungkiri bahwa kehadiran youtube sangat berpengaruh bagi kita para viewersnya. Contoh kecil tutorial make up dari para beauty blogger yang hampir setiap hari upload soal dunia permake-up an hingga akhirnya entah bagaimana alurnya sehingga bisa memunculkan trend. dimulai dari trend bentuk alis, warna lipstick, sampai ke area penggunaan blush on yang mendominasi wajah.

Adik saya bisa dibilang amat sangat update soal make-up dan hampir setiap malam,sebelum tidur dia selalu nonton tutorial make up dan dipraktikkan keesokan harinya. Yang membuat saya heran, adik saya memakai blush on hampir di separuh wajahnya. Saya tanya "Itu bener emang make blush onnya, sampe dibawah mata dan ke hidung hidung dipakein semua? Itu lo, merah merah kayak habis ditampar pake pantat teplon mamak di rumah" kataku sambil mengejek. "Ini lagi ngetren di youtube" jawabnya dengan santai.

Setelah selesai mengomentari dan bertanya soal wajah adik saya yang terkesan aneh dan terlihat konyol dengan blush on gonjrengnya, saya membuka instagram dan menemukan beberapa postingan look make up dari para selebgram lokal dan mbak mbak bukan selebgram habis dandan dengan warna pink kemerah merahan di setengah wajahnya seperti habis ditabok pake pintu baja oleh Ultraman, dengan anggunnya foto-foto itu muncul di tab explore saya. "O gini banget ya trend sekarang." saya membatin.

Tidak hanya sampai disitu saja, beberapa waktu lalu saya sempat reuni kecil-kecilan dengan teman-teman saya di sebuah cafe. Sebuah sore yang cerah dengan langit yang masih biru, saya duduk santai dan ngobrol dengan teman-teman saya tentang kehidupan di planet Mars, resep es teler tujutuju, sampai obrolan super penting seperti utang negara #Hiperbola. Tiba-tiba datanglah segerombol mbak -mbak gaul nan ceria duduk di kursi di seberang meja kami yang seketika membuat saya terpana dan merasa saya adalah mahluk paling burik di cafe itu.

Namun, hal yang menarik mata saya adalah, dandanan wajah para mbak-mbak itu hampir semuanya sama, alis hasil lukisan pensil alis dengan lengkung yang sama, warna lipstick pink ke merah merahan dan blush on menghiasi tulang pipi hingga dibawah mata kanan dan menyeberang melewati hidung sampai ke bawah mata sebelah kiri dan berujung ke tulang pipi sebelah kiri. Wow. Saya membatin, mungkin mereka sama seperti adik saya. atau mungkin, sebelum ke cafe, mereka nyalon di salon yang sama dan MUA yang sama. Tapi saya menebak, bisa jadi gara-gara youtube nih wkkwkw. Ya, youtube benar-benar membawa pengaruh. Semoga kita bisa memilih untuk bisa terpengaruh untuk hal apa.

Hal yang sebaiknya diingat bahwa youtubers adalah influencer, semoga konten yang disajikan bisa membawa influence yang baik dan membawa kemajuan melalui konten yang dipublish. Dan dengan kemajuan dan pesatnya perkembangan youtube di Indonesia, semoga bisa seiring dengan meningkatnya kecepatan internet di Indonesia. Karena buffering itu melelahkan. Sekian.

Komentar

Postingan Populer