KENAPA BEGITU?


Loc. Kopiapi Manggala Junction deket kantor :p

Banyak orang yang selalu bertanya, kenapa kalau posting di Instagram sering pakai hashstag atau ngetag suatu brand yang kita pakai? kenapa? Yuk lah coba discuss! 

Sekarang ini, hampir semua orang punya akun media sosial, entah facebook, twitter, instagram dll. Punya akun media sosial itu banyak kok manfaatnya, jangan sampai kita skeptis. Punya media sosial itu rasanya kita punya media sendiri, punya TV sendiri, punya majalah sendiri. Kita sendiri yang ngatur kontennya, kapan publishnya. Simpelnya buat sharing informasi. Contohnya seperti akun yang khusus ngeshare berita terkini di suatu daerah misalnya @InfoJekate4258 yang berbagi informasi banjir, macet, kriminalitas di sebuah kota. Akun spesialis mukbang, yang postingannya gak jauh-jauh dari tempat makan yang lagi ekstra booming dan lain lain lain lainnya

Buat saya sendiri, saya terbiasa untuk memakai hashtag dan brand tagging di beberapa postingan saya. Buat pamer? Nggak doong. Jangan jadi bibit haters dong ah, dikit-dikit ngehate dan nyinyirin orang. Gak bagus, dudes! Kita masih muda, jangan mau dimasukin penyakit dini dari cara-cara yang gak elegan. Seriously, lebih elegan kalian masuk angin gara-gara naik motor daripada stroke gara-gara kebanyakan nyinyirin orang. Ini serius.

Jadi gini, saya sering make hashtag atau pake ngetag sebuah brand di instagram karena pengen sharing aja gitu ke orang lain, lagi makan apa dan dimana? Karena banyak yang nanya, ini dimana? beli dimana? Nah tapi banyak juga yang gengsi buat nanya langsung/ head to head. Ngerti gimanalah typical manusia macam itu. Eksistensinya di dunia ini akan selalu ada. Jadi, kenapa gak sekalian di hashtag-in aja? kenapa gak di tag-in aja? biar pada tau, gitu. Terlepas dari hal itu, pokoknya intinya sharing. Udah. Titik. If you looking for something, just clink to their account!

Akhir-akhir ini online marketing juga lagi panas-panasnya, semuamua dijualin lewat online. Kita yang lagi pengen nyari sesuatu bisa pake fasilitas hashtag, misal #jualbajucewekmurah #jualcirengmakassar dan masih banyak lagi. Buat para wirausahawan yang jualan online, bukanlah hal mudah buat mulai sebuah usaha, kadang mereka harus nyewa buzzer buat promosi. Nah kita yang make media sosial kenapa nggak bantuin mereka promosi? gak dibayar? dunia ini gak bakal kebeli kalopun kalian punya duit segunung, ngapain pusing. Apalagi kalo temen sendiri, kenapa nggak, ya kan? 

Saya percaya bahwa seiring bergulirnya waktu, cara kita mengamalkan kebaikan akan mengikuti zaman juga. Cara kita berbagi bukan hanya dalam bentuk benda, cara kita bersilaturahim bukan hanya dengan jabat tangan, banyak hal yang berubah dan berkembang tanpa kita sadari. Cara berpikir kita juga harus mulai ditata kembali. Pelan-pelan.

Temen lama saya, Kang Endra dan istrinya buka usaha parfum isi ulang di Bandung. Dua minggu yang lalu, mereka ngirimin parfum ke rumah saya. Saya gak tau gimana caranya bilang makasih ke mereka sedangkan mereka segitu baiknya sampe ngirimin parfum segala. Solusinya, saya posting dan tag in ke akunnya. Harapannya semoga ngebantu.

Saya percaya, bahwa setiap yang kita lakukan untuk membantu orang lain, apapun bentuknya, termasuk ngetag ataupun ngehashtag-in sebuah brand ada positifnya. Ketika kita posting sesuatu soal brand yang kita pakai, atau tempat yang kita kunjungi, kemudian ada orang yang ngeliat postingan kita kemudian membeli/mengunjungi tempat itu gara-gara postingan kita, kita bisa punya lahan amal jariyah dari situ. Sesimpel itu kita bisa punya amal jariyah, karena kalau mau bikin sumur  di zaman ini demi beramal jariyah, akan susah karena beberapa kondisi yang gak memungkinkan. Jadi bikin apa dong? coba bikin sumur yang gak nyata, tapi bisa jadi amal jariyah. 

Eh kalau kamu gimana? Sharing dong...


Komentar

  1. Soal pake hashtag atau cantumin lokasi, saya sih melalui pertimbangan beberapa hal. Ada kalanya pake, karena memang makanan dan pelayanannya memang enak dan bolehlah. Jadi semacam ngasih rating 4/5 – 5/5 bintang gitu.

    Tapi, ada kalanya mutuskan gak pake hashtag atau share loc. Khususnya untuk tempat yang sangat saya senangi untuk menyepi–lalu buka laptop, utak-atik software desain, ngedit foto, dll.

    Biar tetap sunyi aja, hahaha (egois ya? bodo amat).

    Juga untuk tempat yang umum dan identik sebagai tempat nongkrong naG² hitz kekinian, saya bukan hanya gak pake hashtah dan share loc. Bahkan gak mosting sama sekali haha (kadang cuma nyantol di IG Story), soalnya geli² gak jelas aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah thank you for sharing. Iya gak semua juga harus nampil di feed kita dong. beberapa ada yang layak, ada yang gak. tapi cuy, paling males kalo harus nongkrong di tempat yang terlalu hits, gak bakal ada yang nanyain, orang-orang pada hapal. #fact wkwkwk

      Hapus
  2. Terlebih tempat hitz selalu menyisakan tempat yang lapang bagi naG² rokok elektrik (apalah itu namanya) yang asapnya nyaris setara dengan fogging nyamuk demam berdarah di selokan lingkungan kumuh yang termarjinalkan. Aromanya juga sungguh sangat kurang sopan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. agree, sir. ketika lagi enak-enak makan sop buntut tiba-tiba aromanya berubah jadi vanila kupret. ingin kubinasakan.

      Hapus
  3. Assalamualaikum Mbak saya mau tanya, apakah di bantaeng itu ada bandar udara???

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer